Jumat, 01 Oktober 2010

10 Website Jejaring Sosial Terpopuler

Add caption

Social Networking adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan sebuah website berbasis jejaring sosial artinya suatu website yang memungkinkan adanya interaksi antara  pengikut dari website tersebut secara penuh, saat ini website jejaring sosial merupakan website yang paling banyak mendapatkan kunjungan setelah website search engine, bahkan dalam beberapa kondisi tertentu website jejaring sosial merupakan website yang memiliki tingkat kunjunagn tertinggi, sebut saja Facebook, saat ini facebook merupakan website yang paling banyak di kunjungi dibeberapa negara, termasuk di Indonesia. Berikut ini daftar 10 website jejaring sosial terpopuler di dunia 



1. Facebook.com 


 Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg. Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya. Juga terdapat fitur hiburan dalam Facebook disebut aplikasi. Contohnya antara lain permainan video, kuis, dan lain sebagainya.

2. Twitter.com

Pengguna Twitter dapat menyebarkan informasi pesan singkat melalui beberapa cara, bisa melalui situs Twitter sendiri, melalui SMS, atau melalui aplikasi Twitter lainnya seperti Twirl, Snitter, atau Twitterfox yang merupakan aplikasi tambahan untuk browser Firefox. Karena kandungan pesan yang singkat, Twitter dimasukkan dalam kategori mikroblog, yaitu sebuah media online yang memungkinkan penggunanya menuliskan informasi pesan secara singkat. Panjang pesan tersebut biasanya kurang dari 200 karakter.

3. MySpace
 
MySpace adalah situs web jejaring sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik, dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. MySpace adalah tempat untuk mempromosikan band baru. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat

4. Bebo

Bebo pertama kali ditemukan oleh Michael Birch dan Xochi Birch pada awal Januari 2005 sebagai situs pertukaran (sharing) foto. Pada proses perkembangannya, tahun 2006-2007 Bebo merupakan salah satu dari 25 situs yang paling banyak diakses oleh para pelajar dan mahasiswa di Amerika dan Inggris. Bebo sempat menduduki peringkat ketiga situs sosial yang paling popular di Amerika.
Akan tetapi, mulai tahun 2009 keberadaan Bebo mulai tergeser keberadaannya dengan situs jejaring sosial lain yang mulai bermunculan. Pada 7 April 2010, AOL sebagai pengelola Bebo menyatakan akan menjual situs tersebut karena sangat menurunnya jumlah pengguna yang mengakses situs Bebo. Bebo telah kehilangan daya saingnya terhadap situs sosial lain seperti Facebook dan Myspace.

5. Friendster

Situs ini merupakan situs jejaring sosial pertama di internet yang memiliki basis awal di negara-negara berbahasa Inggris, lalu menyebar hingga ke Asia. Posisinya di Amerika Serikat dan tidak lama kemudian digantikan dengan MySpace dan kemudian Facebook dan LinkedIn, namun situs ini masih memiliki basis massa di Asia.

6. hi5

Hi5 merupakan sebuah situs jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi dan bertukar pikiran satu sama lain. Tampilan Hi5 berupa layanan untuk memasukkan (mengunggah) profil/foto, menambah teman, mengirimkan pesan, serta memperoleh gambar/wallpaper secara gratis.

7. Orkut

Facebook akhirnya berhasil menaklukkan India. Survei yang dilakukan comScore menemukan jika Facebook telah melampaui jumlah pengguna Orkut di India.Dalam survei yang dilakukan bulan Juli, comScore menghitung pengguna Facebook di India telah mencapai 20,9 juta, sedangkan Orkut hanya 19,9 juta. Padahal sejak kemunculannya di India pada 2004, jejaring sosial milik Google itu, telah menikmati kursi tertinggi dengan pangsa pasar yang cukup besar.Selain di India, Orkut juga merajai pasar jejaring sosial di beberapa negara berkembang lain, seperti Brasil. Sayangnya, posisi ini telah tergeser dengan popularitas Facebook.

8. PerfSpot


9. Yahoo! 360

 Yahoo! 360° merupakan suatu portal komunikasi yang sedang dalam tahap tes beta. Yahoo! 360° menggabungkan fitur situs web jaringan sosial, blog, dan pembagian foto.
Seorang pengguna dapat membuat situs web pribadinya, membagi fotonya dari Yahoo! Photos, merawat blog, berbagai ulasan lokal, informasi profil, dan melihat teman yang sedang online.
Layanan ini mulai diperkenalkan ke publik sejak 29 Maret 2005.

10. Zorpia


Anda telah menjadi bagian dari website jejaring sosial? Hari gini nggak ikutan jejaring sosial... apa kata dunia??

2 komentar:

Posting Komentar